Minggu, 16 Oktober 2011

BAB IV PELESTARIAN HEWAN dan TUMBUHAN


BAB IV 
PELESTARIAN HEWAN dan TUMBUHAN

Indonesia kaya akan sumber daya alam hayati. Sekitar 30% jenis hewan dan tumbuhan berada di Indonesia. Namun, hewan dan tumbuhan tersebut terancam punah atau bahkan ada yang sudah punah. Makhluk hidup dikatakan punah bila keberadaannya sudah sangat sedikit dan tingkat perkembangbiakannya rendah. Hewan dan tumbuhan terancam punah karena faktor alam dan aktivitas manusia. Faktor alam seperti bencana alam dan ketidakmampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk bertahan hidup sedangkan aktivitas manusia seperti yang telah disebutkan dalam bab sebelumnya.

A. Hewan yang Terancam Punah


1. Orangutan
Orangutan banyak ditemukan di hutan-hutan Sumatra dan Kalimantan. Orangutan banyak diburu manusia dan hutan tempat tinggalnya dirusak untuk pembukaan lahan industri serta pertanian.




Gambar 1. Orangutan

2. Komodo
Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan merupakan hewan purba yang masih ada sampai sekarang. Komodo hanya hidup di Kepulauan Flores yaitu di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Oleh karena Komodo hanya ada di Indonesia maka Pulau Komodo termasuk salah warisan dunia yang diakui UNESCO serta dilindungi dan dilestarikan. Komodo membutuhkan 5 tahun untuk tumbuh hingga ukuran 2 meter. Komodo dapat hidup hingga 30 tahun. Komodo dewasa dapat menyerang manusia.


Gambar 2. Komodo

3. Anoa
Anoa merupakan hewan khas dari Pulau Sulawesi.


Gambar 3. Anoa

4. Harimau Sumatra
Harimau Sumatra merupakan jenis harimau terakhir yang masih hidup di Indonesia. Harimau Jawa sudah punah. Harimau terus diburu untuk diambil kulitnya.


Gambar 4. Harimau Sumatra

5. Badak Jawa
Badak Jawa terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Badak Jawa disebut juga badak bercula satu. Badak banyak diburu untuk diambil culanya.



Gambar 5. Badak Jawa

6. Kura-kura berleher ular
Hewan ini hanya ada di Pulau Roti, Indonesia. Hewan ini banyak diburu untuk dijual ke luar negeri karena bentuknya yang unik.


Gambar 6. Kura-kura berleher ular


7. Penyu hijau
Perburuan liar dan rusaknya pantai-pantai menyebabkan hewan ini terancam punah. Penyu hijau terdapat di Pantai Pangumbahan dan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Gambar 7. Penyu hijau

8. Ikan pari hiu
Ikan pari hiu ditemukan di Lautan Indonesia Timur dan diburu untuk diambil dagingnya.



Gambar 8. Ikan pari hiu

9. Ikan gergaji bergigi besar
Ikan ini terdapat di Lautan Indonesia Timur dan diburu untuk diambil dagingnya.


Gambar 9. Ikan gergaji bergigi besar

10. Burung Cendrawasih
Burung ini hanya ada di Papua, dan diburu karena memiliki bulu yang indah.




Gambar 10. Burung Cendrawasih

11. Burung Jalak Bali
Burung ini hanya ada di Pulau Bali dan diburu karena bulunya yang indah.




Gambar 11. Burung Jalak Bali

12. Burung Caerulean paradise
Burung ini ditemukan di Sangihe, Sulawesi dan jumlahnya saat ini tinggal 100 ekor. Kerusakan lingkungan tempat tinggal menyebabkan burung ini terancam punah.



Gambar 12. Burung Caerulean paradise

13. Burung beo dan cucakrowo

Burung Beo di Indonesia terdapat di Pulau Nias, Sumatra Utara. Burung ini banyak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan karena kepandaiannya bicara. 
Burung Cucakrowo menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl. Burung ini diburu untuk dijadikan hewan peliharaan karena kicauannya yang indah.


Gambar 13. Burung Beo dan Cucakrowo

14. Burung Kakatua jambul kuning

Burung ini terdapat di Kepulauan Sunda Kecil, Sulawesi, Bali, dan Timor, di tempat yang masih terdapat hutan-hutan primer dan sekunder. Karena jambulnya yang khas, burung ini banyak diburu untuk diperdagangkan di Jawa, Bali bahkan luar negeri.


Gambar 14. Burung Kakatua jambul kuning


15. Burung Maleo
Burung ini hanya ada di Sulawesi. Hutan yang rusak dan tingkat kematian anak burung yang tinggi menyebabkan burung ini terancam punah.

Gambar 15. Burung Maleo

16. Tarsius
Mamalia terkecil yang dapat memutar kepalanya kebelakang. Tarsius terdapat di Filipina, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra.

Gambar 16. Tarsius

17. Panda
Hidup di daratan Cina. Makanannya bambu yang masih muda. Pembukaan hutan berlebihan menyebabkan jumlah pohon bambu banyak berkurang sehingga panda kekurangan makanan, kehilangan tempat tinggalnya dan perubahan iklim sebagai efek pemanasan global menyebabkan banyak panda yang tidak dapat bertahan hidup karena panda hidup di daerah dingin.

Gambar 17. Panda

Gambar 18. Panda

Gambar 19. Panda

B. Tumbuhan yang Terancam Punah
1. Jati
Penebangan berlebihan menyebabkan pohon jati terancam punah. Pohon ini diambil kayunya untuk digunakan sebagai bahan perabot rumah tangga karena kuat dan awet.

Gambar 20. Jati

2. Amorphophallus titanum
Disebut juga bunga bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia. Bunga ini hidup secara alami di Sumatra. Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama (20-40 tahun) sehingga terancam punah.

Gambar 21. Bunga Amorphophallus titanum

3. Rafflesia arnoldi
Bunga ini hanya ada di Bengkulu, Sumatra dan diburu untuk dijadikan obat. Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama sehingga terancam punah.

Gambar 22. Bunga Rafflesia arnoldi

4. Kantong semar
Tumbuhan ini hidup di daerah yang kekurangan unsur Nitrogen. Hutan di Tangkuban Perahu, Jawa Barat merupakan salah satu tempat hidupnya.




Gambar 23. Kantong semar

5. Cendana
Cendana banyak terdapat di Nusa Tenggara Timur dan banyak ditebang untuk diambil kayunya serta digunakan sebagai rempah-rempah dan pengharum.

Gambar 24. Cendana

6. Aquilaria sp
Tumbuhan ini hidup di hutan pedalaman Kalimantan dan banyak ditebang untuk diambil kayunya. Tumbuhan ini penghasil kayu gaharu yang memiliki kandungan kadar damar yang wangi (diuluki emas beraroma dari hutan) sehingga harga jualnya mahal.


Gambar 25. Aquilaria sp

7. Meranti
Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama sehingga terancam punah. Meranti banyak ditebang untuk diambil kayunya.

Gambar 26. Meranti

C. Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
Pelestarian alam berarti pengaturan terhadap alam dan lingkungan untuk melindungi hewan dan tumbuhan yang terancam punah.
Usaha pelestarian hewan dan tumbuhan dapat dilakukan melalui Pelestarian in situ dan Pelestarian ex situ.

1. Pelestarian In Situ

  • Pelestarian in situ adalah pelestarian yang dilakukan pada tempat asli hewan atau tumbuhan tersebut berada.
  • Contoh : suaka margasatwa, hutan lindung, taman nasional.
  • Suaka margasatwa merupakan kawasan yang melindungi hewan.
  • Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi tumbuhan.
  • Taman nasional merupakan kawasan yang melindungi hewan dan tumbuhan.

2. Pelestarian Ex Situ

  • Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan diluar tempat tinggal aslinya karena hewan dan tumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Pelestarian ini bertujuan sebagai upaya rehabilitasi, penangkaran dan pembiakan hewan maupun tumbuhan langka.
  • Contoh : kebun botani, taman safari, kebun binatang dan penangkaran.


Pelestarian alam harus dimulai dari hal yang paling kecil terutama dari diri sendiri. Manusia harus belajar menyayangi hewan dan tumbuhan disekitar sehingga akan timbul kesadaran untuk berusaha melestarikan alam. 


Latihan Soal A BAB IV Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Kelas VI SD

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

1. Apa yang dimaksud dengan punah?
2. Mengapa makhluk hidup dapat punah?hal-hal apa yang menyebabkan?jelaskan!
3. Sebutkan hewan-hewan yang terancam punah dan hal yang menyebabkan hewan tersebut terancam punah!
4. Sebutkan tumbuhan-tumbuhan yang terancam punah dan hal yang menyebabkan tumbuhan tersebut terancam punah!
5. Jelaskan bagaimana upaya-upaya pelestarian makhluk hidup yang terancam punah!

Soal-soal lainnya klik disini 

Latihan Soal BAB IV-1

Latihan Soal BAB IV-2

1 komentar:

Hakim Parman mengatakan...

thanks ya atas referensinya

Poskan Komentar